Jumat, 30 November 2012

Fisika oh Fisika

Diposting oleh rinda parya

Mungkin ini postingan terakhir gw yg berkeyword SMAN 8 Tangerang.
Walaupun gw ga secepet temen-temen yg lain, tapi gw cukup senang, karna sekarang gw dapat menyelesaikannya dengan baik. entah nilai gw berapa, yg penting sekarang gw udah menyelesaikan tugas dalam blog ini. dan semoga aja nanti gw bisa ngepost yg lebih seru lagi :)

oke, postingan terakhir SMAN 8 Tangerang gw adalah tentang Fisika,hihihi
mungkin menurut kalian, fisika itu ngebosenin, kebanyakan rumus, maksud ataupun ga jelas..
tapi bagi gw, ini justru yg bikin gw berarti dimata temen-temen. ga tau deh kalo ga ada fisika gw bakal diapain,hihi
sebenarnya fisika itu seru lho, asal kita cukup terpaku sama konsep dan 1 rumus dan mau berfikir serta latihan, pasti kita bisa !
gw emang ga jago Fisika, tapi gw seneng sama pelajaran ini, walaupun nilai gw pernah ngepas juga gw tetep seneng sama pelajaran ini, ga tau deh kenapa,hehe
dan jangan cuma bisa lihat nilai ! nilai itu sewaktu-sewaktu bisa berubah. jadi kalopun nilai jelek, ga akan selamanya jelek, dan kalopun bagus juga pasti ga selamanya bagus. karna yg penting itu prosesnya. bukan hasil akhirnya (nilai).

hhmm..
Intinya sih Usaha sama Energi itu sama kalo kata gw. kenapa? karna satuannya sama, yaitu Joule. dan Dimensinya juga sama.
jadi patokan gw kalo ngerjain fisika itu pasti dihubung-hubungkan sama materi lain yg gw inget.
dan kebetulan usaha ini berdampingan sama energi, jadi bisa kita bilang 1 materilah, jadi ga terlalu jauh. cuma berhubungan lagi sama hukum Newton. Dimana konsep Newton yg keluar itu adalah :
Hukum Newton II :

ƩF = Ʃm.a




ƩF = jumlah gaya yg bekerja (dimana kalo arahnya berlawanan pasti tandanya jadi minus, sehingga jadinya berkurang)
Ʃm = jumlah massa (kalo massanya lebih dari 1)
a = percepatan (berhubung Newton II merupakan GLBB, jadi percepatan itu selalu tetap, apapun yg ditanya)

contoh :


Nah, sekarang kita masuk Usaha..
Usaha itukan terjadi kalo gaya menyebabkan perpindahan dari suatu benda..
jadi rumusnya itu yaaa..

W = F. s 

W = Usaha (Joule)

F = Jumlah gaya yg kayak diatas (Newton)

s = Perpindahan yg terjadi (m)
terus kalo ada usaha pasti energi..
energi itukan bisa bikin benda pindah posisi jugakan? nah, jadinya energi itu sama kayak usaha...
kayak misalnya seorang memukul paku dengan palu sampai palu masuk hingga kedalaman 5 m, pasti kalo mukul palu itukan bergerak dong? nah, dari situ ada energi kinetik. dan energi kinetik itukan menyebabkan paku itu pindah posisi, jadikan energi kinetiknya itu merupakan usaha..
sehingga


W = Ek



Jadi jangan bingung kalo ada soal harusnya yg bisa dicari energi, tapi ditanya usaha..

sebenarnya energi itukan usaha, soalnya satuannya sama (kalo kata gw,wkwk)
begitupun juga energi potensial..

W = Ep

Konsep Hukum Kekekalan Energi :
 


Oke, segini dulu ya postingan tentang Fisikanya..
semoga aja sedikiiiiitt membantu pemahaman tentang materi ini. walaupun yg gw bahas bukan materi yg rumit,haha

0 komentar:

Posting Komentar